er

Cara Memperbaiki Motherboard Laptop Rusak Dan Mati Total

Cara Memperbaiki Motherboard Laptop Rusak Dan Mati Total - Motherboard atau biasa disebut MoBo merupakan hardware komputer / laptop yang berbentuk papan sirkuit yang memiliki fungsi sebagai peng-organisir setiap bagain komponen yang satu dengan yang lainny saling melengkapi. Dengan kata lain, motherboard dapat disebut sebagai otak komputer setelah CPU. Dalam praktiknya Motherboard sangat jarang rusak, namun pada kasus tertentu bisa saja terjadi kerusakan yang perlu penanganan yang tepat.
Cara Memperbaiki Motherboard Laptop Rusak Dan Mati Total
Cara Memperbaiki Motherboard Laptop Rusak Dan Mati Total
Kerusakan salah satu komponen saja pada papan Motherboard maka otomatis fungsi komputer / laptop akan terganggu bahkan tak dapat berfungsi. Oleh sebab itu kita harus mengetahui bagaimana cara memperbaiki motherboard laptop yang error, rusak bahkan mati total.

Cara Memperbaiki Motherboard Rusak

Di bawah ini 4 poin awal yang perlu kita cek n ricek bila terjadi gangguan pada motherboard komputer / laptop kita:
  1. Lepaskan Papan Motherboard dari CPU
  2. Periksa setiap komponen Motherboard yang terkait kerusakan agar kita mengetahui apakah ada komponen yang sudah tidak berfungsi lagi, atau mungkin ada komponen yang lepas / penempatannya kurang tepat.
  3. Bila kita sudah mengecek bagian demi bagian komponen motherboard dan sudah yakin benar dan pas, coba periksa juga kebersihan papan dan komponennya. Karena debu dan kotoran juga mampu menghambat kinerja dari Motherboard, bisa dibersihkan menggunakan kuas.
  4. Bila setelah anda mempraktikkan cara di atas dan komputer / laptop anda berjalan normal, maka dapat dipastikan kerusakannya masih sangat ringan.

Cara Memperbaiki Motherboard Mati Total

Namun, bila cara di atas tidak berhasil, anda bisa mencoba cara memperbaiki motherboard laptop / komputer mati total di bawah ini:
  1. Matikan Laptop dan Pastikan sudah benar-benar mati. Dan jangan lupa cabut stok kontak yang masih terhubung pada arus listrik.
  2. Lepaskan panel samping. Panel samping yang sering dipakai di tempat dengan beberapa sekrup. Cukup buka sekrup dan tarik kuat pada panel luar untuk membukanya.
  3. Sentuh sepotong logam di tempat lain selain komputer. Motherboard sangat rentan terhadap listrik statis. Segala jenis shock statis dapat membuat kerusakan motherboard bahkan lebih serius. Pastikan Anda tidak terhubung ke listrik statis sebelum Anda mulai bekerja pada interior komputer.
  4. Cari steker besar yang menghubungkan motherboard dengan power supply unit. Sumbat ini sulit untuk dilewatkan. Ini mungkin memiliki 20 atau 24 pin. Ringan menariknya dan kemudian mendorong kembali steker ke tempat hanya untuk memastikan koneksi ketat.
  5. Periksa colokan lain untuk memastikan mereka juga ketat. Plug longgar bisa menghambat jumlah daya yang diterima motherboard. Juga periksa untuk melihat bagaimana kaki RAM terpasang dengan benar. kaki RAM harus pas, tidak bergerak ketika di goyangkan.
  6. Tempatkan panel samping kembali pada tempatnya, dan kencangkan dengan sekrup. Pasang laptop dan tekan tombol power. Ada kesempatan baik bahwa motherboard Anda sekarang akan berfungsi dengan baik dan tombol power akan bekerja.
Mudah - mudahan dengan cara di atas motherboard anda dapat kembali berkerja dengan normal. Namun lagi-lagi bila cara di atas masih belum dapat memperbaiki motherboard yang rusak / mati total, ada baiknya serahkan saja pada teknisinya, Namun jika anda terbentur dengan biaya service yang harganya cukup mahal, sebagai seorang teknisi anda dapat mempelajari dan mencoba memperbaiki kerusakan motherboard anda dengan Ebook Panduan Memperbaiki Motherboard Laptop.

Ebook Panduan Memperbaiki Motherboard Laptop
Ebook Panduan Memperbaiki Motherboard Laptop ini berisi tentang bagaimana mengenal lebih jauh tentang motherboard laptop, mengenal komponennya, belajar membaca diagram dan skema motherboard laptop serta petunjuk melakukan pengukuran tegangan untuk menelusuri kerusakan pada motherboard laptop. Lengkap dengan gambar screenshoot. Total 222 halaman pdf. Cocok untuk pemula sekalipun.

Baiklah cukup sekian dan terimakasih.

SHARE ON:

Comments
1 Comments

1 komentar:

Silahkan Menjalin Silaturahmi Dengan Berkomentar
Harus Diingat ! :
1. Dilarang berkomentar dengan kata-kata kasar/kotor.
2. Dilarang berkomentar SPAM dan memasang link aktif.
3. Komentar dengan link aktif akan dihapus sesegera mungkin.
4. Berkomentarlah sesuai Topik/Artikel.
5. Berkomentarlah dengan sopan.
6. Sobat diperbolehkan Copy-Paste artikel namun jangan lupa sertakan linknya sumbernya.

Tulislah setiap kata dengan makna kesopanan.
Salam dari saya Gudang Komputer.