er

Cara Memperbaiki Laptop Rusak/Mati Total

Cara Memperbaiki Laptop Rusak/Mati Total - Laptop rusak bahkan sampai mati total merupakan sebuah masalah yang cukup serius bila kita kurang memahami setiap bagian komponen laptop itu sendiri. Bila permasalahan itu yang sedang anda hadapi atau anda sedang berusaha memperbaiki laptop kawan, saudara, laptop kantor maupun client anda dan mencari cara bagaimana cara memperbaiki laptop rusak/mati total tak usah terlalu terburu-buru membawanya ke tempat service laptop, Ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki kerusakan laptop.
Cara Memperbaiki Laptop Rusak Mati Total
Cara Memperbaiki Laptop Rusak/Mati Total

Laptop Rusak Mati Total dan Cara Mengatasinya

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah memeriksa bila laptop macet / mati adalah menggunakan logika elektronika. Bika laptop mati total maka logika pertama yang harus dipahami adalah kemungkinan tidak adanya arus listrik, atau tidak adanya tegangan, tidak ada daya yang masuk ke laptop. Itu beberapa hal yang dapat menyebabkan laptop / notebook mati total.

Coba periksa apakah baterai masih terisi atau mungkin sedang mati listrik. Listrik mati berarti laptop mati total :D. Bila tidak, langkah selanjutnya coba periksa jalur sambungan listrik menuju laptop. Apakah terhubung baik? Setelah itu lanjutkan dengan langkah-langkah berikut:

  • Jila lampu indikator pada laptop mati, coba periksa kabel adaptor, kondisi kabel power, stavol atau UPS dengan cara mengetesnya menggunakan multimeter.
  • Selanjutnya coba perhatikan kinerja power adaptor, kemungkinan kerusakan pada saklar On/Off laptop sangat kecil, namun tak ada salahnya periksa juga tombol tersebut. Jika tidak ada masalah, maka kemungkinan lain yaitu pada Mainboard laptop.
  • Coba anda lepas kabel power adapter kemudian pasang kembali dan coba hidupkan komputer.
  • Bila dengan menggunakan battery laptop nyala maka dipastikan kerusakan pada bagian power adaptor.
  • Langkah selanjutnya dengan memeriksa mainboard. Coba periksa kemungkinan pemasangan komponen yang kurang benar, terutama komponen SIMM RAM dan mikroprosesor. Jila perlu bisa mencoba mengganti memori untuk sementara agar memastikan bahwa kerusakan laptop mati total ada pada mainboard ataukah bukan.
Rekomendasi Ebook Teknisi Laptop terlengkap mengenai berbagai macam permasalahan kerusakan laptop yang di kupas tuntas secara mendalam dengan basis Windows XP dan Windows 7 yang dilengkapi gambar screenshoot sehingga memudahkan bagi kita bahkan untuk orang awam sekalipun.


Sekian info mengenai Cara Memperbaiki Laptop Rusak/Mati Total semoga dapat membantu anda.

SHARE ON:

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Menjalin Silaturahmi Dengan Berkomentar
Harus Diingat ! :
1. Dilarang berkomentar dengan kata-kata kasar/kotor.
2. Dilarang berkomentar SPAM dan memasang link aktif.
3. Komentar dengan link aktif akan dihapus sesegera mungkin.
4. Berkomentarlah sesuai Topik/Artikel.
5. Berkomentarlah dengan sopan.
6. Sobat diperbolehkan Copy-Paste artikel namun jangan lupa sertakan linknya sumbernya.

Tulislah setiap kata dengan makna kesopanan.
Salam dari saya Gudang Komputer.